oleh

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Yang Penting Kamu Terapkan

Agar memiliki kehidupan yang sehat pastinya kamu harus memulainya dengan pola perilaku yang bersih. Mengapa demikian? Karena, dengan menerapkan kebiasaan tersebut, kamu tak hanya melindungi diri dari penyakit, tetapi juga menjaga kesehatan orang-orang di sekitar.
Dikutip dari laman Kemenkes (2016), PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Manfaat dari PHBS sendiri yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mau menjalankan hidup bersih dan sehat sehingga dapat mencegah dan mengatasi masalah kesehatan juga agar bisa meningkatkan kualitas hidup [1].
Perilaku hidup bersih dan sehat ini dibagi menjadi 5 tatanan. Tatanan pertama dan yang paling utama adalah perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga atau keluarga, dimana yang menjadi pelakunya adalah seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali. Tatanan kedua adalah PHBS di lingkungan sekolah, selanjutnya tatanan PHBS di tempat kerja, sarana kesehatan seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit, dan PHBS di tempat-tempat umum.
Berikut ini beberapa perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa kamu mulai lakukan di rumah:
Tidur yang cukup
Pola makan yang sehat dan olahraga teratur tidak akan cukup dan terasa sia-sia jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup.  Pada orang dewasa, umumnya waktu tidur yang cukup yaitu selama 7 hingga 8 jam setiap harinya. Walaupun sangat sederhana akan tetapi jika kamu menganggap sepele hal tersebut bisa berdampak pada kesehatan kamu.
Beberapa penyakit yang dapat timbul karena kurang tidur adalah diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini [1].
Menjaga kebersihan rumah
Sebelum kamu memperhatikan kebersihan di luar ada baiknya kamu memulainya dengan menjaga kebersihan didalam rumah. Dengan tempat tinggal yang bersih, kamu dan anggota keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan. Mulailah membersihkan rumah dan lingkungan sekitarnya secara rutin, mulai dari kamar, kamar mandi, dapur, halaman, teras, dan halaman [1].
Minum air yang cukup
Tahukah kamu bahwa 50% lebih tubuh manusia terdiri dari air? Tanpa adanya air termasuk dengan minum air putih, kita tidak dapat menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi, atau membuang zat tidak terpakai melalui keringat, urine, dan buang air besar [1].
Oleh karena itu, kita perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, serta meningkatkan risiko kelelahan.
Kamu bisa memilih air minum berkualitas seperti VIT yang telah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia dan telah memenuhi syarat SNI dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga kualitas dan manfaatnya sudah teruji. Proses pengemasan dan filtrasi VIT pun menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat untuk menyajikan kamu air minum berkualitas. Hal-hal tersebut juga membuat air minum VIT tetap terjaga kebersihannya.
Mencuci tangan dengan sabun
Hal sederhana ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang. Padahal dengan menjaga kebersihan tangan, tubuh juga akan terhindar dari kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Jadi, biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan [2].
Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Apa yang kamu makan dan minum juga menjadi faktor penentu perilaku hidup bersih dan sehat, lho! Pastikan kamu banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kamu [3].
Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan setiap makan yang akan kamu konsumsi. Seperti, cucilah dahulu buah-buahan dan sayuran sebelum kamu makan atau masak.

Rutin beraktivitas
Tentunya banyak manfaat yang didapat dari rajin beraktivitas fisik seperti berolahraga. Dengan berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, Anda tak hanya meningkatkan kebugaran tubuh, tetapi juga mencegah datangnya berbagai penyakit. Kamu bisa memulai dengan olahraga yang sederhana seperti lari pagi [2].

Menggunakan air bersih
Penggunaan air bersih juga sangat penting untuk dapat menjaga diri dan lingkungan keluarga. Kualitas air akan sangat berpengaruh bagi pasokan nutrisi di dalam tubuh serta membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh. Oleh karena itu, gunakan air bersih untuk memasak, minum, mandi, dan juga mencuci pakaian, ya.

Menguras genangan air secara rutin
Nyamuk yang biasanya bersarang di genangan air bersih di dalam dan di luar rumah harus sering dibersihkan. Jika tidak segera dibersihkan, genangan tersebut menjadi sarang bagi jentik-jentik nyamuk untuk berkembangbiak dan menularkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah.
Oleh karena itu, cobalah untuk rutin membersihkan bak mandi, mengubur barang bekas, dan tempat-tempat genangan air yang bisa menjadi tempat hidup bagi jentik nyamuk. Cara ini akan membuat keluarga terhindar dari ancaman penyakit demam berdarah.
Dengan memulai pola hidup positif dari diri sendiri, secara tak langsung kamu telah berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat yang bersih dan sehat. Jadi, jangan malas untuk melakukannya ya!
Sumber:
https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/10-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-yang-bisa-dimulai-dari-rumah.html
https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/pengertian-manfaat-dan-contoh-perilaku-hidup-bersih-dan-sehat/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebersihan-diri/perilaku-hidup-bersih-sehat/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed